Cara Membuat Konstruktor dan Parameter pada Java
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Java merupakan bahasa pemrograman beorientasikan objek (OOP), OOP digunakan untuk mempermudah pengembangan program dengan cara mengikuti model yang telah ada di kehidupan sehari-hari. Jadi setiap bagian dari suatu permasalahan adalah objek, dalam pemroraman java kita perlu membuat sebuah objek untuk mengembangkan aplikasi.
Salah satu materi yang harus kalian pahami dan pelajari pada bahasa OOP adalah Konstruktor, konstruktor adalah fungsi atau method yang pertama kali dijalankan pada saat sebuah objek pertama kali diciptakan, penamaan method pada konstruktor harus sama dengan nama classnya.
Materi Yang Harus Kalian Pelajari Sebelumnya:
A. Membuat Konstruktor pada Java
Konstruktor pada umumnya digunakan untuk menginisialisasi dan memberikan nilai secara langsung atau melalui parameter kepada sebuah objek pada saat objek pertama kali diciptakan.
Untuk contoh yang pertama, kita akan membuat program sederhana menggunakan konstruktor tampa parameter, pada program ini kita akan membuat beberpa variabel, dimana pada variable tersebut sudah kita set nilainya, didalam konstruktor akan kita ubah semua nilai pada variable tersebut.
Jika masih bingung, coba kalian perhatikan souce code berikut ini:
public class tutorial_dasar {
//Variable diluar Konstruktor
String programming = "Java";
int angka = 77;
//Konstruktor
public tutorial_dasar(){
//Variable Didalam Konstruktor
programming = "Kotlin";
angka = 100;
}
public static void main(String[] args){
//Membuat Objek dari Class
tutorial_dasar data = new tutorial_dasar();
System.out.println(data.programming);
System.out.println(data.angka);
}
}
Demo:
Disana terdapat 2 buah variable yang sudah kita set nilainya masing-masing, tapi didalam kunstruktor kita ubah nilai pada variable, saat kita panggil kedua variable tersebut pada method main, nilai yang akan keluar adalah nilai variable yang berada didalam konstruktor, bukan yang di atasnya.
B. Parameter pada Konstruktor
Parameter merupakan nilai yang bisa kita oper pada fungsi, seperti konstruktor atau method, parameter tersebut bisa kita gunakan jika nilai didalam fungsi tersebut ingin kita rubah, kita dapat menembahkan beberapa parameter dalam satu fungsi.
Untuk itu kita ubah source code sebelumnya menjadi seperti ini:
B. Parameter pada Konstruktor
Parameter merupakan nilai yang bisa kita oper pada fungsi, seperti konstruktor atau method, parameter tersebut bisa kita gunakan jika nilai didalam fungsi tersebut ingin kita rubah, kita dapat menembahkan beberapa parameter dalam satu fungsi.
Untuk itu kita ubah source code sebelumnya menjadi seperti ini:
public class tutorial_dasar {
//Variable Luar
String programming = "Java";
int angka = 77;
//Konstruktor dengan 2 Parameter
public tutorial_dasar(String programming_baru, int angka_baru){
programming = programming_baru;
angka = angka_baru;
}
public static void main(String[] args){
//Objek Pertama
tutorial_dasar data1 = new tutorial_dasar("Swift", 700);
//Objek Kedua
tutorial_dasar data2 = new tutorial_dasar("C++", 457);
//Mencetak Nilai dari Objec Pertama
System.out.println("====== DATA1 ======");
System.out.println(data1.programming);
System.out.println(data1.angka);
//Mencetak Nilai dari Objec Pertama
System.out.println("====== DATA2 ======");
System.out.println(data2.programming);
System.out.println(data2.angka);
}
}
Demo:
Keuntungan menggunakan Parameter yaitu walaupun nama variablenya sama, tapi kita dapat mengoper nilainya jadi berbeda beda.
C. Parameter pada Method (void, static, return)
Selain pada konstruktor, kita dapat menambahkan parameter pada method, parameter sangat diperlukan untuk memudahkan seorang pengembang untuk mengembangkan aplikasinya.
Pada contoh selanjutnya, kita akan membuat beberapa method dengan sifat dan juga jenis yang berbeda beda, yaitu void, static dan return. Pada masing-masing method akan kita tambahkan parameter, berikut ini mupakan contoh penerapan parameter pada method tersebut:
public class tutorial_dasar {
//Variable Luar
double IPK = 2.5;
public tutorial_dasar(double IPK){
//Variable Didalam Konstruktor
//Menggunakan Keyword 'this' jika ada Nama Variable Yang Sama
this.IPK = IPK;
}
public static void main(String[] args){
//Object untuk Method Void
tutorial_dasar data_void = new tutorial_dasar(3.5);
//Object Untuk Method Return
tutorial_dasar data_return = new tutorial_dasar(4.0);
System.out.println("====== DATA VOID ======");
data_void.identitas1("Wildan", 19);
System.out.println("Nilai IPK Saya: "+data_void.IPK);
System.out.println("====== DATA STATIC ======");
identitas2("Taufiq", 23);
System.out.println("====== DATA RETURN ======");
System.out.println("Nama Saya: "+data_return.nama("Ferdi"));
System.out.println("Nama Saya: "+data_return.umur(24));
System.out.println("Nilai IPK Saya: "+ data_return.IPK);
}
//Parameter pada Method Void
void identitas1(String nama, int umur){
System.out.println("Nama Saya: "+nama);
System.out.println("Usia Saya Saya: "+umur+" Tahun");
}
//Parameter pada Method Static
static void identitas2(String nama, int umur){
System.out.println("Nama Saya: "+nama);
System.out.println("Usia Saya Saya: "+umur+" Tahun");
}
//Parameter pada Method Return
String nama(String nama){
return nama;
}
int umur(int umur){
return umur;
}
}
Demo:
Trimakasih karena telah mengunjungi blog pribadi saya, semoga tutorial yang saya buat bisa berguna untuk kalian, mohon maaf bila ada kesalahan.
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.